Minggu, 17 April 2011

Uihyeongje - Secret Reunion


Film Terbaik Korea Selatan 2010

Sutradara                       Jang Hun
Penulis Naskah              Jang Min-seok
Pemain                          Song Kang-ho, Kang Dong-won
Durasi                           1 Jam 56 Menit
Rilis                               4 Februari 2010
Budget                          Not Available
Worldwide Gross          $ 36.280.220
Subtitle Rilis                  25 Maret 2011

---------------------------------------------------------------------
Secret Reunion DVDRip
Indowebster

Thanx to
halakbatak dan balqie 78
---------------------------------------------------------------------
Subtitle
---------------------------------------------------------------------
Trailer
---------------------------------------------------------------------
Resensi
           Hm, Lee Han-gyu (Song Kang-ho), seorang agen pemerintah dengan tugas untuk menyelidiki dan menangkap mata – mata komunis dari Korea Utara yang berada di Korea Selatan. Lee juga sangat berambisi untuk menangkap seorang pembunuh dari Korea Utara yang dikenal sebagai Bayangan.


            Ji-won (Kang Dong-won) mendapat tugas bersama Bayangan untuk membunuh sepupu kedua Kim Jung-Il yang menulis buku yang dengan pedas mengkritik Korea Utara. Karena tidak mampu membunuh istri korban dan malah melindungi putra mereka, Ji-won dianggap pengkhianat, apalagi tak berapa lama kemudian, agen pemerintah datang dan terjadi adegan tembak – menembak dan menewaskan beberapa agen.
            Ji-won berhasil kabur dari sana dan Lee dipecat dari NIS (National Intelligence Service). Setelah keluar dari NIS, kehidupan Lee semakin membaik karena dia mendirikan sebuah biro detektif yang khusus menangani istri yang kabur.
            Saat menangani sebuah kasus dan membawanya ke tempat para pekerja illegal Vietnam berada, Lee secara kebetulan bertemu dengan Ji-won, walau sudah enam tahun berlalu, Lee masih mengenali Ji-won sebagai mata – mata komunis Korea Utara dan pemerintah memberi harga tinggi atas Ji-won bagi siapapun yang bisa menangkapnya. Agar bisa mendapatkan uang itu, Leepun mengajak Ji-won bekerja untuknya dengan gaji yang lebih besar dan berbagai fasilitas lainnya. Setelah Ji-won bekerja dengan Lee, Lee mencoba mencari kesempatan untuk menyerahkan Ji-won ke pemerintah, beserta atasannya, Bayangan. 
            Jika Amerika mempunyai Academy Awards dan Indonesia memiliki Festival Film Indonesia, maka Korea Selatan memiliki Blue Dragon Awards. Berbeda dengan OSCAR, kebanyakan nominasi Blue Dragon Awards merupakan film – film Box Office dengan kualitas bagus. Hal ini membuat Blue Dragon Awards bisa tetap bertahan daripada OSCAR yang makin tahun semakin merosot jumlah pemirsanya.
            Untuk kategori film terbaik, nominasinya adalah The Man from Nowhere, Moss, Secret Union, Woochi A Taoist Wizard dan Housemaid (herannya Poetry tidak masuk nominasi). Diantara kelima nominasi tersebut, saya lebih menjagokan Moss yang menang dengan segala misteri dan twist endingnya. Jujur saja, diantara kelima nominasi, Secret Reunion dan Woochi menurutku merupakan film yang ringan. Dan juga jika dibandingkan tahun lalu dimana film karya Bong Joon-ho yang berjudul Madeo memenangkan kategori ini, rasanya tahun ini merupakan sedikit penurunan. Mungkin juga para juri menyukai Song Kang-ho walau film yang dibintanginya tahun kemarin yang berjudul Bakjwi gagal memenangkan kategori ini.
            Hebatnya, dianara nominasi lima film terbaik, dua diantaranya dibintangi Kang Dong-won, aitu Secret Reunion dan Woochi. Dan hebatnya lagi, kedua film tersebut berhasil mendarat di peringkat tiga sebagai film Korea Selatan terlaris pada tahun itu, serta pada film itu Kang Dong-won mendapat peran sebagai orang Korea Utara, sebuah kebetulan yang luar biasa. Secret Reunion sendiri merupakan film detective ala Hollywood dengan aksi tikus dan kucing dengan bumbu lelucon disana – sini serta sedikit drama yang khas Korea.


Diharapkan sumbangannya untuk kemajuan blog ini
Terima kasih ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar