Sabtu, 08 Januari 2011

Movies 2010



Hm,  awal tahun 2011 diawali dengan naiknya harga cabai yang gila – gilaan. Sebuah kejutan yang tak diinginkan dan tentu saja, memberatkan banyak pihak, terutama sekali ibu – ibu rumah tangga dan rumah makan Padang yang memerlukan banyak cabai dalam masakannya. Sayonara masakan pedas.

Kita lupakan harga cabai yang terus meroket, tahun 2011 akan dipenuhi oleh film – film 3D, bahkan hampir semua film besar akan dirilis format 3D. Hal ini, tentu saja akibat dari meledaknya film AVATAR dan mendapat keuntungan berlipat – lipat karena tiket 3D lebih mahal dari tiket nonton biasa (2D). Hal ini membuat banyak studio tergiur akan keuntungan yang akan diraihnya hingga memaksa mengkonvert film 2D mereka ke 3D walau filmnya ga perlu – perlu amat dibuat 3D, seperti Clash Of The Titans yang rupa filmnya dengan atau tanpa kacamata 3D tak ada bedanya (begitulah komentar banyak orang, dan untungnya, saya menonton versi 2D di bioskop). Namun, tak sedikit pula hasil konvert yang maksimal seperti Alice In Wonderland.

            Karena banyaknya film 3D yang beredar, akhirnya memaksa penonton selektif dalam memilih film 3D dan akhirnya membuat beberapa film 3D terpuruk seperti My Souls To Take. Kenyataan berkata lain, film 3D berjaya di tahun 2010, terbukti dengan banyaknya film 3D yang bertengger di 10 besar film terlaris sepanjang tahun 2010, bahkan 2 film 3D berhasil meraup penghasilan lebih dari 1 milyar dolar USA !! Sebuah prestasi luar biasa, apalagi kedua film tersebut dibawah naungan perusahaan yang sama, Walt Disney. Perlu diingat, semenjak tulisan ini ditulis, hanya ada 7 film saja yang mendapat penghasilan diatas 1 milyar, dan ketiga filmnya dipegang oleh Walt Disney, itu berarti hampir separuhnya !!

            Karena jarang – jarang bikin tulisan kaya gini, dan karena awal tahun, dibawah ini akan saya tampilkan 10 film terbaik dan terburuk versi saya (sejauh yang sudah saya tonton) dan juga daftar film terlaris sepanjang tahun 2010 !!

10 Film Terbaik
1.      INCEPTION

Siapa yang tidak mengetahui film ini ? Film karya Christopher Noaln ini berhasil menjadi film non - franchise terlaris ke- 1 sepanjang tahun 2010 dan menduduki peringkat 25 sebagai film terlaris sepanjang masa. Dengan alur cerita yang cerdas, action yang memukau dan twist ending yang membikin ketagihan membuat film ini sayang untuk dilewatkan. Dengarkan pula soundtracknya yang berjudul Mind Hesit karya Zack Hemsey.


Film yang berbeda, dengan budget minimalis, cerita yang indah, akting yang bagus, sinematografi yang memukau, tampilan CGI yang menawan dan music score karya Jon Hopkins. Pujian pantas disematkan ke sang sutradara, Gareth Edward yang hampir menangani segalanya.

3.      ALICE IN WONDERLAND

Di tangan sutradara nyentrik, Tim Burton, prequel yang awalnya dipenuhi warna cerah berubah menjadi kelam namun tak meninggalkan sisi keindahannya. Semua pemainnya tak perlu lagi diragukan kemampuan aktingnya. Jangan lupa dengarkan soundtrack dari Avril Lavigne yang berjudul Undergound.

4.      THE SOCIAL NETWORK

Awalnya kurang tertarik dengan film ini, namun karena banyaknya respon positif atas filmnya, kutonton juga film ini. Sebuah hiburan yang cerdas dan menarik. Siapkan mata dan telinga untuk mendengarkan rentetan perkataan jenius dari Mark Zuckerberg. Film ini digadang – gadang mendapat nominasi OSCAR.

5.      HELLO STRANGER

Sebuah film komedi (dan romantis, tentu saja) dengan jalan cerita yang tak biasa. Seorang wanita dan seorang pria yang bertemu di Korea Selatan dan menghabiskan waktu bersama tanpa mengenal nama satu sama lain dan hanya saling memanggil Kun !! Banyak komedi disini ditambah ending yang tak bisa ditebak.

6.      BLACK SWAN

Indah,anggun dan menawan, kata yang pas untuk film ini. Sutradara Darren Aronofsky memang tak perlu lagi diragukan kehandalannya. Natalie Portman juga tampil gemilang, apalagi sudah berusaha keras berlatih balet yang notabene harus dilatih semenjak kecil. Nominasi OSCAR menanti untuk film ini.

7.      KICK ASS

Superhero dengan kekuatan super ? Kita mempunyai Superman hingga Wonderwoman. Superhero tanpa kekuatan super namun memiliki banyak keahlian ? Kita mempunyai Batman. Superhero tanpa kekuatan super dan tanpa keahlian ? Mungkin Kick Ass lah jawabannya. Walau penuh warna yang mencolok, film ini bukan untuk konsumsi anak – anak.

8.      SCOTT PILGRIM VS THE WORLD

Unik, beda dari yang lainnya. Dalam tampilan ala video game, penuh dengan aksi, komedi dan lagu – lagu yang enak didengar. Lagu favoritku, Metric – Black Sheep.


Satu sutradara, satu aktor, satu tempat setting, film bisa bergulir sepanjang satu setengah jam dengan tensi yang terus meningkat. Two thumbs up !!


Kisah slasher yang manusiawi dan masuk akal. Banyak intrik dan drama. Sebuah film yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.
               
10 Film Terburuk
saya mohon maaf bila ada film favorit pembaca masuk kategori ini dan ada kata – kata yang kurang berkenan

1.      THE LAST AIRBENDER

Oh Geez, tolong beritahu saya film apa ini ?? Satu lagi karya gagal dari Shyamalan. Jalan cerita yang dangkal dan menyimpang dari pakemnya, pemilihan pemain yang banyak dikritik orang sebagai rasis. Banyak sekali perubahan disini,
>  Perubahan paling mendasar, firebender harus mempunyai sumber kekuatannya yaitu api, makanya kalo ga ada api ga bisa menggunakan kekuatannya. Zuko harus bikin obor (emang ini olympiade ?? ). Hal ini merupakan kesalahan fatal karena musuhnya tampak lemah. Ayolah, kita pastinya menginginkan musuh yang kuat !!
>  Adegan pertarungan yang tampak teramat sangat lamban, mirip orang joged. Apakah Shyamalan tak pernah melihat film – film Jackie Chan atau Jet Lee yang negaranya langsung berbatasan dengan India ?? Tarik Mang…….
>  Aang yg tak bisa bahagia akhirnya kabur dari kuil airbender ?? Hal ini membikin banyak kritikus film tertawa terbahak – bahak….. (berdasarkan kenyataan yang saya baca di koran dan internet)
>  Adegan ending yang spektakular sekali hingga membuat saya memejamkan mata saking ga tahannya,,,,zzzzz…… Awas, ada tsunami lewat, ups, ga jadi........

Yang bikin saya ga habis pikir, karena kreator animenya juga ditarik untuk produksi film ini sebagai executive produser dan mengapa mereka diam saja ?? Apa takut didepak dari film berbudget mahal ini ?? Seperti pengakuan Shyamalan, dia langusng menonton semua episode Avatar lewat DVD secara marathon, mungkin sambil mabuk hingga filmnya mengerikan seperti ini dan lebih mengerikan dari Devil. Epic Fail !!

2.      THE KING OF FIGHTERS

Satu lagi film paling ngaco tahun ini. Berdasarkan salah satu game fighting terlaris, namun memiliki jalan cerita yang berbeda, pemain yang sama sekali tidak mirip dari sisi manapun dengan tokoh gamenya (bahkan dilihat dari Hongkong sekalipun !! ). Begitu film ini terhapus secara tak sengaja dari komputerku, saya tak perlu susah payah mendownloadnya lagi.

3.      PARANORMAL ACTIVITY 2

Jika masih banyak yang berpikir bahwa ini merupakan kisah nyata, sebaiknya mulailah berkonsultasi pada psikiater, ini udah film kedua dan masih berpikir kalau ini nyata ?? Apa hal sama selalu terulang dan selalu menggunakan hidden camera ? Hal sama yang kutahu adalah saya selalu tertidur saat melihat film ini !!

4.      LEGION

Inginnya seperti sebuah perang besar yang memasukkan unsur agama. Akhirnya, film ini memiliki plot yang tak jelas, memasukkan sepuluh tulah ditambah zombie. Belum lagi adanya malaikat yang menggelandang di jalanan yang ahli menggunakan senapan yang semakin membuat keruh cerita, apalagi aksi yang sangat minimal (baca: pas - pasan) !!

5.      DETECTIVE DEE AND THE MYSTERY OF THE PHANTOM FLAME

Dilihat dari posternya, sepertinya film ini bakalan bagus, namun harapan saya meleset. Kasus yang sangat menjanjikan, namun dipenuhi hal – hal aneh dan tak masuk akal, seperti kumbang api (kebanyakan nonton Atlantis : The Lost Empire) dan wajah yang berubah – rubah sendiri karena tusuk konde ?? Film ini jauh dari kata bagus jika disandingkan film asia sejenis seperti Madeo, Oldboy atau Private Eye dan hanya mengandalkan CGI yang spektakuler saja.

6.      THE EXPENDABLES

Seperti yang digembar – gemborkan, ini sebuah film reuni dari aktor – aktor laga terkenal. Sekali lagi ini hanya reuni !!  Pintarnya, sambil reuni, mereka bisa mengeruk dolar dari aksi mereka yang mudah dilupakan. Seperti kata bro Sandi, film ini lebih baik diganti judul menjadi The Forgettables !

7.      KILLERS

 Another Mr & Ms. Smith, kali ini semua serba disepelakan, seolah – olah di dunia ini hanya ada tokoh utama dan tokoh antagonis saja !! Ending yang tak masuk akal yang membuat sia – sia semua aksi yang ada !!

8.      TEKKEN

Ok, film ini lebih bagus dari KOF, setidaknya banyak tokoh yang mirip dengan tokoh gamenya, mirip doank. Jalan ceritanya yang ga mirip sama sekali. Setidaknya karena film ini menitik beratkan pada tokoh Jin Kazama, seharusnya cukup mengambil plot Jin dari gamenya. Apalagi Roger Huerta langsung kalah begitu muncul, ck…ck…ck, bukan tokoh utama kali ya :D, jika dunia nyata, yang terjadi pasti sebaliknya. Sudah bertahun - tahun desas - desus versi live actionnya. Nyatanya setelah filmnya muncul, semuanya menjadi sebuah penantian lama yang sia – sia.

9.      THE TWILIGHT SAGA : ECLIPSE

Saya berharap film ini lebih bagus dari film sebelumnya, apalagi banyak adegan action di film ini. Nyatanya, film ini tak ubahnya film – film sebelumnya. Seperti kata banyak orang, hanya soundtrack film ini saja yang bagus dan untunglah, mereka memilih Metric untuk membuat lagu utamanya.

10.  SALT

Apa jadinya jika Jason bourne diganti seorang wanita ? Salt adalah jawabannya ! Film ini benar – benar persis dengan trilogy Bourne, hanya beberapa saja yang diganti, seperti Blackbiar yang diganti Rusia, pokoknya serba persis deh, kecuali dengan durasi yang singkat dan aksi yang kurang memukau. Satu hal yang tak dapat saya bantah, Angelina Jolie paling cakep dengan rambut hitam :D


DAFTAR FILM TERLARIS 2010
Pendapatan diatas $ 200 juta



































No.
Movie
Worldwide
North America
Overseas
Budget
1
Toy Story 3
$ 1.063.161.943
$ 415.004.880    39.0%
$ 648.157.063    61.0%
$ 200 juta
2
Alice in Wonderland
$ 1.024.299.722
$ 334.191.110    32.6%
$ 690.108.612    67.4%
$ 200 juta
3
Harry Potter And The Deathly Hallows Part 1
$ 902.767.896
$ 284.967.896    31.6%
$ 617.800.000    68.4%
$ 250 juta
4
Inception
$ 823.574.501
$ 292.574.501    35.5%
$ 531.000.000
 64.5%
$ 160 juta
5
Shrek Forever After
$ 747.395.990
$ 238.395.990    31.9%
$ 509.000.000
   68.1%
$ 165 juta
6
The Twilight Saga:
Eclipse
$ 693.579.566
$ 300.531.751    43.3%
$ 300.531.751    43.3%
$ 68 juta
7
Iron Man 2
$ 621.751.988
$ 312.128.345    50.2%
$ 309.623.643    49.8%
$ 200 juta
8
Despicable Me
$ 541.555.430
$ 251.255.430    46.4%
$ 290.300.000    53.6%
$ 69 juta
9
How To Train Your Dragon
$ 494.878.759
$ 217.581.231    44.0%
$ 277.297.528    56.0%
$ 165 juta
10
Clash Of The Titans
$ 493.214.993
$ 163.214.888    33.1%
$ 330.000.105    66.9%
$ 125 juta
11
The Karate Kid
$ 359.125.613
$ 176.591.618    49.2%
$ 182.533.995    50.8%
$ 40 juta
12
Prince of Persia:
The Sands Of Time
$ 335.154.638
$ 90.759.676    27.1%
$ 244.394.962    72.9%
$ 200 juta
13
Robin Hood
$ 320.869.730
$ 105.269.730    32.8%
$ 215.600.000    67.2%
$ 200 juta
14
The Last Airbender
$ 318.951.896
$ 131.601.062    41.3%
$ 187.350.834    58.7%
$ 150 juta
15
Tangled
$ 316.682.089
$ 170.182.089    53.7%
$ 146.500.000    46.3%
$ 260 juta
16
The Chronicles Of Narnia:
The Voyage Of The Dawn Treader
$ 302.707.571
$ 89.372.797    29.5%
$ 213.334.774    70.5%
$ 155 juta
17
Resident Evil:
Afterlife
$ 296.221.566
$ 60.128.566    20.3%
$ 236.093.000    79.7%
$ 60 juta
18
Shutter Island
$ 294.803.014
$ 128.012.934    43.4%
$ 166.790.080    56.6%
$ 80 juta
19
Salt
$ 293.502.218
$ 118.311.368    40.3%
$ 175.190.850    59.7%
$ 110 juta
20
Sex And The City 2
$ 288.347.692
$ 95.347.692    33.1%
$ 193.000.000    66.9%
$ 100 juta
21
Megamind
$ 279.149.262
$ 144.365.262    51.7%
$ 134.784.000    48.3%
$ 130 juta
22
The Expendables
$ 274.468.524
$ 103.068.524    37.6%
$ 171.400.000    62.4%
$ 80 juta
23
Grown Ups
$ 271.419.251
$ 162.001.186    59.7%
$ 109.418.065    40.3%
$ 80 juta
24
Knight And Day
$ 261.684.719
$ 76.423.035    29.2%
$ 185.261.684    70.8%
$ 117 juta
25
Tron Legacy
$ 246.784.368
$ 136.784.368    55.4%
$ 110.000.000    44.6%
$ 170 juta
26
Percy Jackson & The Olympians:
The Lightning Thief
$ 226.497.209
$ 88.768.303    39.2%
$ 137.728.906    60.8%
$ 95 juta
27
Valentine's Day
$ 216.485.654
$ 110.485.654    51.0%
$ 106.000.000    49.0%
$ 52 juta
28
The Sorcerer's Apprentice
$215.283.603
$63.150.991    29.3%
$152.132.612    70.7%
$ 150 juta
29
Eat Pray Love
$204.482.125
$80.574.010    39.4%
$123.908.115    60.6%
$ 60 juta
30
Due Date
$200.254.676
$99.354.676    49.6%
$100.900.000    50.4%
$ 65 juta

Film masih diputar dibioskop dan penghasilannya akan terus bertambah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar